Tuesday 26 February 2013

CARA MENGATASI GROGI SAAT UJIAN

  • CARA MENGATASI GROGI SAAT UJIAN 
  • 1. Buatlah Rencana Belajar
    Diantaranya :

  • Kriteria pelajaran sulit hingga mudah
  • Buatlah konsep belajar poin yang dipelajari
  • Kumpulkan bahan ujian yang ada
  • Buatlah jadwal belajar
  • Sesuaikan waktu belajar dengan criteria pelajaran
  • Belajarlah dengan perhitungan waktu yang efektif
  • Kumpulkan berbagai macam soal
  • Disiplinlah terhadap dirimu

2. Tingkatkan Motivasi

Tingkatkan motivasimu, misalnya berdiri di depan cermin (kalo nggak punya cermin, silahkan ngaca di air) dan katakan dengan lantang "AKU AKAN LULUS DENGAN NILAI DIATAS 8" itu akan memotivasi kamu dalam belajar. nah, berhubung KKM di sekolah kita 7,5. paling nggak, kalian kalian harus dapet nilai dan diatas KKM itu. contohnya, 8.

3. Persiapkan diri dengan Belajar

Udah pasti dong, mau ujian pasti sesuatu yang harus dilakukan BELAJAR. belajar nggak perlu semuanya. kamu rangkum aja hal yang kira kira bakalan keluar di ujian itu. bisa juga pake kisi kisi.

4. Perbanyaklah latihan soal

Menghadapi ujian berarti mengerjakan soal.
Karena itu wajib hukumnya berlatih mengerjakan soal ujian. Terutama soal matematika. kata kepala sekolahku kamu gak bakal bisa menjawab soal matematika bila kamu hanya membaca materi dan tidak rajin latihan menjawab soal.


5. Rajin Bertanya

Jangan malu bertanya pada guru, kakak, bapak, ibu atau teman yang lebih pintar dari kamu untuk mengajari materi yang belum kamu pahami. seperti kata pepatah " malu bertanya sesat dijalan". nanyanya jangan pas ujian yah :p

6. Efektifkan Belajar di Sekolah

Waktu belajar di sekolah yang hanya 6 – 7 jam dimanfaatkan. Paling tidak ada orang yang menjelaskan materi yang kamu anggap sulit. Berbeda di rumah, belum tentu orang rumah seperti ayah, ibu atau kakak kamu bisa mengajari materi yang kamu bingungkan. so, don't be shy buat nanya sama keluarga dirumah.

7. Belajar Kelompok

Belajar kelompok membantu menghilangkan grogi saat ujian. Mengingat belajar kelompok kamu dapat bertanya tanpa rasa malu kepada temanmu 1 kelompok. Di kelas mungkin merasa malu dengan teman yang lain. apalagi kalo belajar kelompok sama temen deket.. beh.. mantep tuh..


8. Les Privat


Belajar dengan cara les privat menambah rasa percaya diri kamu saat menghadapi ujian. tapi, kalo punya uag lebih aja yah. jangan sampe orang tua kamu terbebani.



9. Bersikap Proaktif
Proaktif adalah sikap yang beranggapan kita yang menentukan keberhasilan kegagalan hidup ini.
So, “ Believe Your Self “. Jangan berfikir pihak yang membantu saat ujian berlangsung. Ada tidak bantuan, ujian tetap berlangsung menyesal tempatnya di belakang.


10. Rileks jangan Tegang

Hadapilah ujian dengan sikap yang tenang proporsional, rileks jangan tegang.
Tanamkan dalam dirimu ujian merupakan yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang memungkinkan kamu menyusun rencana, menentukan strategi menjalaninya.
Sebelum mengerjakan soal ujian, kamu menenangkan diri kamu. Atur nafas kamu! Mengatur nafas bertujuan menghilangkan ketegangan yang kamu rasakan.

11. Hadapi dengan Keyakinan

Kalo kamu sudah belajar, jangan takut menghadapi soal ujian yang diberikan. Kamu harus percaya kamu bias mengerjakannya. Mengutip kata yang diucapkan Presiden AS Barack Obama, “ You can do it “

12. Kosentrasi

Menghadapi ujian, konsentrasi sanangat diperlukan. fokuslah dengan soal-soal dan jangan memikirkan yang lain dulu misalnya mikirin pacar. masa depan lebih penting kan?


13. Mohon doa restu Orang tua dan Guru

Mencapai kesuksesan yang maksimal tidaklah berhasil tanpa dorongan doa orang terdekat kamu, orang tua, guru dan keluarga dekatmu. Mereka ibarat tanah tempat kamu berpijak meraih kebahagiaan. Karena itu jangan lupa memohon doa mereka



14.belajar dengan santai tapi serius
cara belajar gini lah yang paling efektif. contohnya, bisa aja kamu belajar sambil dengar musik. itu bisa lebih bikin santai pikiran kamu

15. Berdoa
selain belajar, hal yang perlu dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. mohon perlindungan dari beliau, semoga diberi kesehatan, ketenangan,kemudahan dan semoga sukses saat menghadapi ujian. jangan cuman berdoa semoga lulus tapi gak pernah belajar !. ibarat katanya, 'manusia berusaha, tuhan yang menetukan'